KAJI EKSPERIMENTAL KOMPOR SURYA TIPE REFLEKTOR PARABOLA DILENGKAPI DENGAN MATERIAL BERUBAH FASA UNTUK KEBUTUHAN MEMASAK DAN MENGHANGATKAN MAKANAN

Sudi Alperius Tumanggor (2021), KAJI EKSPERIMENTAL KOMPOR SURYA TIPE REFLEKTOR PARABOLA DILENGKAPI DENGAN MATERIAL BERUBAH FASA UNTUK KEBUTUHAN MEMASAK DAN MENGHANGATKAN MAKANAN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Energi matahari di Indonesia sangat melimpah setiap harinya, disisi lain bahan bakar konvensional pada masa ini sudah hampir habis. Penggunaan CSP sudah menjadi tren saat ini, salah satunya adalah untuk diaplikasikan pada kompor surya. Pengaplikasian PCM pada wadah pemasak dapat mempertahankan kalor yang ada pada wadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kompor surya tipe reflektor parabola dilengkapi dengan PCM. Metode pada penelitian ini menggunakan parabola yang dilapisi SRF sebagai CSP, dimensinya berdiameter 165 cm dan kedalaman 26 cm. jenis PCM yang dipakai adalah jenis lilin lebah. Pengujian yang dilakukan dengan berbagai variasi yaitu pengujian tanpa beban, pengujian dengan beban air, dan pengujian dengan beban air. Pada pengujian ini juga digunakan dengan tiga jenis wadah yang terbuat dari bahan stainless steel, yaitu wadah tanpa dilengkapi dengan isolasi maupun PCM, wadah menggunakan isolasi tanpa PCM dan wadah menggunakan isolasi dan PCM. Material isolator yang dipakai adalah poliuretan. Dari hasil pengujian dengan tiga jenis wadah yang berbeda untuk mendidihkan air sebanyak 2 liter pada masing-masing wadah adalah 62 menit, 60 menit dan 60 menit, pada pengujian memasak 500 Gram nasi  adalah 64 menit, 62 menit dan 62 menit. Lama waktu wadah mempertahankan kalor hingga temperatur sama dengan lingkungan pada beban air 6 jam 10 jam dan 18 Jam, pada beban nasi adalah 7 jam 10 jam dan 17 Jam.

Kata kunci : Kompor Energi Surya Parabola, PCM, Poliurethane

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sudi Alperius Tumanggor
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2021)
Tanggal disimpan : 10-05-2021 14:54
Terakhir diubah : 10-05-2021 04:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1270
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!