PENGARUH JENIS PUPUK ORGANIK DAN TIPE LANJARAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN GAMBAS (LUFFA ACUTANGULA L.ROXB)

Muhammad zaki (2021), PENGARUH JENIS PUPUK ORGANIK DAN TIPE LANJARAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN GAMBAS (LUFFA ACUTANGULA L.ROXB). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pengaruh jenis pupuk organik dan tipe lanjaran terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman gambas(Luffa acutangula L.Roxb)". Dibawah bimbingan Syukri Risyad sebagai Pembimbing Utama dan Muhammad Syahril sebagai Pembimbing Anggota. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pupuk organik dan tipe lanjaran terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman gambas serta interaksi dari kedua perlakuannya. Penelitian ini telah di laksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa Provinsi Aceh. Penelitian menggunakan Rancangan  Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari dua faktor, yaitu faktor jenik pupuk organik (P) yaitu 4 taraf : Po : tanpa pupuk organik, P1 : pupuk kompos, P2 : pupuh hijau dan P3 : pupuk kandang dan faktor berbagai lanjaran tanaman gambas (L) yaitu 3 tipe : L1 : lanjaran net, L2 : lanjaran kayu bercabang, L3 : lanjaran kayu lurus. Untuk mengambarkan pertumbuhan gambas di lakukan pengamatan tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah buah, panjang buah, berat buah pertanaman, berat produksi per plot. Pemberian pupuk organik berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 28 dan 42 HST, jumlah buah, panjang buah, berat buah, berat buah pertanaman, berat produksi per plot dan berpengaruh tidak nyata terhadap umur berbunga. Hasil pengamatan terbaik di peroleh pada perlakuan P3 (pupuk kandang). Penggunaan berbagai lanjaran berpengaruh sangat nyata terhadap berat buah pertanaman dan berat buah per plot dan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 28 dan 42 HST, jumlah buah, panjang buah serta berpengaruh tidak nyata terhadap umur berbunga. Hasil pengamatan terbaik di peroleh pada perlakuan L1 (lanjaran net).  Sesuai dengan hasil pengamatan ini untuk mendapatkan pertumbuhan gambas terbaik disarankan menggunakan pupuk kandang dan menggunakan lanjaran net secara terpisah.


 


  

Kata kunci : Pupuk, Lanjaran, Gambas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad zaki
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 29-04-2021 13:11
Terakhir diubah : 02-05-2021 23:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1255
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!