ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU TEMATIK PADA TEKS CERITA SISWA KELAS II SEMESTER I SD/MI

Risya Hastinah (2021), ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU TEMATIK PADA TEKS CERITA SISWA KELAS II SEMESTER I SD/MI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Buku teks termasuk media bahan ajar yang sering dibaca oleh siswa sehinggah buku tersebut dapat mempengaruhi perkembangan siswa termasuk karakternya. Peneliti tertarik untuk menganalisis nilai karakter yang terkandung dalam buku tematik kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai karakter yang terkandung dalam buku tematik pada teks cerita siswa kelas II semester I SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Analisis konten adalah metode yang menggunakan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen secara valid dari teks cerita. Berdasarkan Hasil temuanya pada buku teks terdapat 12 nilai karakter meliputi: (1) Gemar membaca, (2) Bersahabat/komunikatif, (3) Semanagat kebangsaan, (4) Rasa Ingin Tahu, (5) Disiplin,(6) Menghargai prestasi, (7) Tanggung jawab, (8) Religius. (9) Toleransi, (10) Kreatif, (11) Peduli sosial, (12) Peduli lingkungan. Dengan adanya penelitian ini, sekolah dan guru diharapkan agar dapat mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam buku tersebut secara optimal dan baik sehingga nantinya akan terbentuk siswa yang berkarakter

Kata kunci : Nilai Karakter, Buku Tematik, Kurikulum 2013

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Risya Hastinah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 28-04-2021 15:16
Terakhir diubah : 06-05-2021 10:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1250
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!