ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Diana Afrita (2021), ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kurikulum 2013 revisi menuntut guru untuk mengembangkan pembelajaran dengan mengintegrasikan empat hal penting, yaitu PPK, Literasi, Keterampilan Abad-21 (4C) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Maka dari itu, guru harus mampu mengembangkan dan merancang pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana pelaksanaan pembelajaran pada kelas V SD Negeri 1 Langsa yang memenuhi unsur higher order thinking skills (HOTS). Metodelogi dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V-B SD Negeri 1 Langsa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirancang dan digunakan guru masih belum memenuhi kriteria higher order thinking skills (HOTS). Pada rencana pelaksanaan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang digunakan masih pada tingkatan C1 dan C2. Namun, dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran, guru sudah menstimulus daya analisis siswa dan mengajak siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan pembelajaran guru juga sudah menerapkan kegiatan PPK, literasi dan kegiatan 4C. Pada penilaiann dan evaluasi pembelajaran guru belum mengarahkan siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Harapan yang besar kepada pemerintah untuk dapat memfasilitasi meningkatkan kualitas guru melaui pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan.

Kata kunci : Analisis, HOTS, Pembelajaran

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Diana Afrita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 28-04-2021 12:04
Terakhir diubah : 10-05-2021 01:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1248
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!