PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN BAMBOO DANCING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Devi Suriyaningsih (2020), PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN BAMBOO DANCING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SMP Negeri 6 Langsa, diperoleh beberapa informasi bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA. Beberapa permasalahan tersebut antara lain; kurangnya minat siswa dalam belajar IPA, kurangnya keaktifan siswa dalam belajar khususnya pembelajaran IPA, dan nilai hasil ujian IPA mata pelajaran biologi rata-rata 65 (enam puluh lima) rata-rata tersebut masih dibawah nilai KKM yaitu 75. Solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuat siswa aktif dalam belajar dengan menerapkan model talking stick dan model bamboo dancing dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya perbandingan model pembelajaran Talking Stick dan Bamboo Dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan model pembelajaran Talking Stick dan Bamboo Dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian berupa quasy eksperimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VII-2 yang berjumlah 23 siswa dan kelas VII-3 yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Terdapat perbedaan antara model pembelajaran talking stick dengan bamboo dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Besarnya hasil perbedaan antara model talking stick dengan model bamboo dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Langsa adalah sebesar 7,8454. Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran talking stick bisa untuk dibandingkan dengan model pembelajaran yang lain sehingga dapat terciptanya model pembelajaran yang baik untuk kemajuan pembelajaran siswa dan dapat dijadikan referensi bagi peneliti lainnya yang ingin meneliti model pembelajaran talking stick.

Kata kunci : Talking Stick, Hasil Belajar, Bamboo Dancing.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Devi Suriyaningsih
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2020)
Tanggal disimpan : 23-04-2021 14:54
Terakhir diubah : 11-06-2021 03:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1231
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!