PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 LANGSA

Aniar wita (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses pendidikan pada sekolah dasar adalah hal yang harus diperhatikan kurangnya keterampilan proses yang dimiliki oleh siswa yang menjadi suatu permasalahan untuk perkembangan keterampilan siswa. Solusi yang dapat diberikan yaitu dengan penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan keterampilan proses IPA pada tema 7 subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku siswa kelas IV SD Negeri 10 langsa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeahui pelaksanaan pembelajaran IPA pada tema 7 subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku dengan menggunakan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan keterampilan proses siswa di SD Negeri 10 Langsa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru dan peneliti penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan subjek dan objek 17 siswa yang terdiri dari 8 siswi perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penerapan model pembelajaran Problem Posing pada muatan  IPA dapat meningkatkan keterampilan proses siswa yaitu pada siklus I terdapat 47, 05%, sedangkan pada siklus II setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I maka hasil yang diperoleh yaitu, 82, 35% artinya keterampilan proses  siswa muatan IPA meningkat pada kelas IV Sd Negeri 10 Langsa denngan pelaksanaan pembelajaran sangat baik. Peningkatan tersebut, telah memenuhi standar KKM di sekolah dan juga sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 75%. Agar guru-guru di Sekolah Dasar Negeri 10 Langsa dapat mempelajari hasil penelitian ini, dan terdorong untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar. Model problem posing ini tidak hanya dapat dierapkan pada pelajaran IPA akan tetapi juga dapat digunakan pada pembelajara lainnya seperi matematika, degan demikian guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran dikelas dengan menggunakan model pembelajaran dan pembelajaran yang disampaikan akan lebih bermakna.

Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Posing

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Aniar wita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 22-04-2021 12:13
Terakhir diubah : 07-05-2021 14:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1222
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!