PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN AIR ISI ULANG MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGI PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS DEPOT ISI ULANG HARY WATER DESA SEULALAH KEC. LANGSA LAMA KOTA LANGSA)

Muamar (2021), PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN AIR ISI ULANG MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGI PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS DEPOT ISI ULANG HARY WATER DESA SEULALAH KEC. LANGSA LAMA KOTA LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hary Water adalah perusahaan depot air isi ulang yang memproduksi air minum isi ulang dalam bentuk RO yang bersih dan higienis untuk dikonsumsi masyarakat. Permasalahan utama yang dihadapi oleh depot air isi ulang Hary Water adalah adanya persaingan usaha dimana banyaknya terdapat usaha sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dan menentukan prioritas strategi yang akan digunakan peusahaan untuk meningkatkan pemasaran. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode QSPM dengan melakukan tiga tahap formulasi strategi yaitu analisis lingkungan eksternal (EFE) dan Internal (IFE), dan SWOT. Dengan menggunakan metode ini didapatkan strategi alternative yang akan memberikan landasan objektif bagi pemilihan strategi yang akan digunakan perusahaan. Dari pengelohan data didapatkan hasil analisis kekuatan dengan nilai tertinggi adalah pemberian bonus dan kualitas produksi air minum, hasil analisis kelemahan adalah kurangnya promosi dan kurangnya perluasan pemasaran serta laporan pembukuan yang manual, hasil analisis peluang dengan nilai tertinggi adalah lokasi usaha yang strategis, hasil analisis ancaman dengan nilai tertinggi adalah adanya usaha yang sejenis dan adanya barang pengganti. Prioritas strategi yang dapat digunakan adalah gencar dalam beriklan dengan nilai TAS sebesar 7,01dan memperhatikan kualitas mutu pelayanan terhadap konsumen dengan nilai TAS sebesar 6,78.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Analisis Lingkungan Eksternal (EFE), Analisis Lingkungan Internal (IFE) dan SWOT.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muamar
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 22-04-2021 11:56
Terakhir diubah : 04-05-2021 12:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1219
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!