EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rosalima Pandiangan (2021), EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Virus Corona merupakan jenis penyakit baru Jenis penyakit ini sangat berbahaya bahkan mematikan. Penyakit ini masuk ke Indonesia pada awal bulan Februari, dengan meningkatnya angka kematian akibat dari penyebaran Virus ini maka pemerintah mengambil kebijakan dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini mengharuskan melakukan pembelajaran secara online atau daring untuk memutuskan penyebaran virus corona. Kegiatan pembelajaran online dalam kurun waktu yang lama ini baru hal pertama yang terjadi di Indonesia salah satunya di Sekolah Dasar, tentu hal ini akan banyak Kendala baik dalam tenaga pendidik, peserta didik maupun wali murid. Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang Efektivitas Pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19 pada siswa Sekolah Dasar khususnya di SD Negeri 5 Kota Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas pembelajaran daring yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik penggumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi yang dimana instrumen penelitian menggunakan kuisioner yaitu kuisioner skala likert. dimana sempel dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas V yang berjumlah 111 anak. Hasil dari data kuisioner menunjukan bahwa pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19 di SD Negeri 5 Langsa berjalan dengan baik hal ini dilihat dari perolehan skor rata-rata sebesar 3,428 dengan Tingkat Capaian Responden 68,43%. Hasil ini dapat dilihat dari data tiap presentase jawaban yang dimana pilihan jawban Selalu (SL)= 32,32%, Kadang Kadang (KD)= 22,49%, Sering (SR)=19,97%, Tidak Pernah (TP) =.17,23% dan Jarang (JR)=7,99%.

Kata kunci : Pembelajaran Daring, Pandemi COVID-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rosalima Pandiangan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 20-04-2021 13:38
Terakhir diubah : 23-04-2021 17:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1215
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!