PENENTUAN SEBARAN BAWAH PERMUKAAN ZONA AIR ASIN DAN ZONA AIR TAWAR MENGGUNAKAN METODE SELF-POTENTIAL DI DESA MATA IE RANTO PEURELAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Maulina Mawaddah (2021), PENENTUAN SEBARAN BAWAH PERMUKAAN ZONA AIR ASIN DAN ZONA AIR TAWAR MENGGUNAKAN METODE SELF-POTENTIAL DI DESA MATA IE RANTO PEURELAK KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian sebaran bawah permukaan zona air asin dan zona air tawar di Desa Mata Ie Kecamatan Ranto Peurelak Kabupaten Aceh Timur menggunakan metode Self-Potential dengan teknik Fixed-Based. Data SP diolah menggunakan Surfer 13 untuk memperoleh peta kontur isopotensial. Sebaran zona air tawar berada disebagian wilayah utara dengan nilai SP tinggi berkisar antara 24 mV sampai 30 mV dan sebagian wilayah lainnya merupakan zona air asin dengan nilai SP rendah berkisar antara  -2 mV dan -4 mV. Nilai SP pada zona air asin cenderung rendah akibat dari jumlah akumulasi air tawar lebih besar dibandingkan dengan akumulasi air asin sehingga nilai SP yang terukur tinggi. Hasil dari analisis uji DO dan pH membuktikan bahwa di daerah lokasi penelitian terdapat air asin dan air tawar.

Kata kunci : Air Asin, Air Tawar, Self-Potential, Fixed-Based.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maulina Mawaddah
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 12-04-2021 15:26
Terakhir diubah : 15-04-2021 03:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1188
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!