RANCANG BANGUN E-NOSE UNTUK DETEKSI PENYAKIT TUBERCULOSIS (TBC) DAN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS (PPOK) MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (JST)

Rosdiana (2021), RANCANG BANGUN E-NOSE UNTUK DETEKSI PENYAKIT TUBERCULOSIS (TBC) DAN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS (PPOK) MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (JST) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian rancang bangun (E-Nose) untuk deteksi penyakit Tuberculosis (TBC) dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui fungsi E-Nose dalam mendeteksi penyakit Tuberculosis dan PPOK, yang kedua untuk mengetahui bagaimana respon sensor dalam perancangan E-Nose berbasis Arduino ATmega  dalam  mendeteksi penyakit. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan input data berupa gelombang dalam bentuk akuisi citra kemudian data tersebut diproses secara analisis dalam bentuk kuantitatif. Setelah data teranalisis maka dilakukan proses pengujian jaringan syaraf tiruan untuk membandingkan penyakit PPOK dan TBC berdasarkan pola pada grafik.

Kata kunci : Electronic Nose, Volatile Organic Compound, Pola Berdasarkan Penyakit, JST Backpropagation, TBC dan PPOK

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rosdiana
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 10-04-2021 11:29
Terakhir diubah : 15-04-2021 12:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1184
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!