ANALISIS PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)

AFRIANI INTAN DEWI SIREGAR (2021), ANALISIS PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan keterlaksanaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan tipe pretest-posttest group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA-1 di SMA Negeri 4 Langsa tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang dipilih dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik yaitu tes berbentuk uraian pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM. Analisis data terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif secara keseluruhan dilihat dari nilai n-Gain yang diperoleh yaitu 0,64 artinya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik tergolong dalam kriteria “Sedang”. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada masing-masing indikator di peroleh hasil tertinggi pada indikator Flexibility dengan n-Gain sebesar 0,66 tergolong dalam kriteria “Sedang”. Selanjutnya, indikator Fluency dengan n-Gain yaitu 0,63 dengan kategori “Sedang”. Serta indikator Elaboration dengan nilai n-Gain yaitu 0,61 termasuk kategori “Sedang”. Hasil peningkatan terendah diperoleh pada indikator Originality dengan n-Gain yaitu 0,58 dan tergolong kedalam kriteria “Sedang”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model PjBL terintegrasi STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Keterlaksanaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MIPA 1 SMAN 4 Langsa terlaksana dengan “Sangat Baik” dengan tingkat ketercapaian pada pertemuan 1 sebesar 89,6% dan pertemuan II sebesar 86,1%.

Kata kunci : keterampilan berpikir kreatif, PjBL, STEM, larutan elektrolit dan non elektrolit

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : AFRIANI INTAN DEWI SIREGAR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 08-04-2021 17:39
Terakhir diubah : 09-04-2021 01:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1174
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!