EKSTRAK ETANOL DAUN DAN BUAH JELUAK (MICROCOS TOMENTOSA), SERTA DAUN SERUT (STREBLUS ASPER) SEBAGAI ANTIOKSIDAN DENGAN METODE DPPH.

Julina Wati (2021), EKSTRAK ETANOL DAUN DAN BUAH JELUAK (MICROCOS TOMENTOSA), SERTA DAUN SERUT (STREBLUS ASPER) SEBAGAI ANTIOKSIDAN DENGAN METODE DPPH.. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengguna tanaman obat terbesar di dunia. Ada beberapa tanaman yang berpotensi sebagai obat, seperti tanaman Jeluak (Microcos tomentosa) dan Serut (Streblus asper). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak etanol daun dan buah jeluak (Microcos tomentosa), serta daun serut (Streblus asper). Ekstrak etanol diperoleh melalui metode maserasi. Pengujian antioksidan dilakukan dengan metode peredaman radikal bebas dengan 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH). Hasil penelitian berdasarkan pengujian skrining fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun dan buah jeluak (Microcos tomentosa) memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid, saponin, flavonoid, dan terpenoid, serta ekstrak etanol daun serut (Streblus asper) memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder golongan flavonoid. Hasil penelitian berdasarkan pengujian antioksidan menunjukkan bahwa nilai persen inhibisi tertinggi daun jeluak (Microcos tomentosa) diperoleh pada konsentrasi 10 ppm yaitu 88,22%, buah jeluak (Microcos tomentosa) pada konsentrasi 100 ppm yaitu 92,22%, dan daun serut (Streblus asper) pada konsentrasi 100 ppm yaitu 88,30%. Nilai IC50 dari ekstrak etanol daun jeluak (Microcos tomentosa) menunjukkan aktivitas antioksidan yang sangat lemah sebesar 6161,67 ppm, ekstrak etanol buah jeluak (Microcos tomentosa) menunjukkan aktivitas antioksidan yang sangat kuat sebesar 4,34 ppm, dan ekstrak etanol daun serut (Streblus asper) tidak menunjukkan aktivitas antioksidan sebesar -306,19 ppm. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun dan buah jeluak (Microcos tomentosa) berpotensi sebagai antioksidan, sedangkan ekstrak etanol daun serut (Streblus asper) tidak berpotensi sebagai antioksidan.


 

Kata kunci : Antioksidan, Daun dan Buah Jeluak (Microcos tomentosa), Daun Serut (Streblus asper), DPPH, Metabolit Sekunder.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Julina Wati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 25-03-2021 16:44
Terakhir diubah : 26-03-2021 06:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1140
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!