RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX L) AKIBAT PEMBERIAN BAHAN AMELIORASI DAN PUPUK HAYATI PADA LAHAN MARGINAL

Alfy Kurniawan Mz (2021), RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX L) AKIBAT PEMBERIAN BAHAN AMELIORASI DAN PUPUK HAYATI PADA LAHAN MARGINAL . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

        Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai hitam akibat pemberian bahan ameliorasi dan pupuk hayati pada lahan marginal. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Perumnas Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret 2020 sampai Juli 2020.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ameliorasi berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 30 HST, jumlah polong berisi per tanaman dan bobot biji kering per plot, berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 45 HST, jumlah polong per tanaman dan bobot kering 100 biji, sedangkan parameter lainnya berpengaruh tidak nyata. Perlakuan bahan ameliorasi terbaik adalah pupuk kandang sapi (P1). Dosis pupuk hayati berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur (30 dan 45 HST), jumlah polong per tanaman, jumlah polong berisi per tanaman dan bobot biji kering per plot, berpengaruh nyata terhadap bobot kering 100 biji, sedangkan parameter lain berpengaruh tidak nyata. Perlakuan dosis pupuk hayati terbaik adalah 90 kg/ha (K3). Interaksi perlakuan bahan ameliorasi dan dosis pupuk hayati berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 30 HST, sedangkan parameter lain berpengaruh tidak nyata. Interaksi terbaik terdapat pada kombinasi bahan ameliorasi pupuk kandang sapi dengan dosis pupuk hayati 90 kg/ha  (P1K3). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai hitam yang baik pada lahan marginal, agar melakukan  pemberian bahan ameliorasi pupuk kandang sapi yang dikombinasikan dengan pupuk hayati dengan dosis 90 kg/ha.



Kata Kunci :   Bahan Ameliorasi, Pupuk Hayati, Kedelai Hitam

Kata kunci : Bahan Ameliorasi, Pupuk Hayati, Kedelai Hitam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alfy Kurniawan Mz
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 24-03-2021 14:51
Terakhir diubah : 25-03-2021 04:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1134
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!