PENGARUH PEMBERIAN PERASAN DAUN UBI JALAR TERHADAP KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DALAM SISTEM PENGANGKUTAN TERTUTUP

Ismanita (2021), PENGARUH PEMBERIAN PERASAN DAUN UBI JALAR TERHADAP KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DALAM SISTEM PENGANGKUTAN TERTUTUP . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan nila merupakan  jenis ikan air tawar yang  mempunyai nilai kosumsi yang cukup tinggi. Memiliki bentuk tubuh pipih dan berwarna  putih kehitaman atau kemerahan, kegiatan budidaya ikan nila semakin diminati oleh pembudidaya ikan air tawar.  Permintaan benih ikan nila yang semakin meningkat  meyebabkan penyedian benih harus dilakukan secara kontinyu transportasi benih merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran benih ikan secara komersial untuk suplai kebutuhan petani untuk melakukan budidaya ikan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Samudra, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh  perberian perasan daun ubi jalar yang berbeda terhadap kelulushidupan benih  nila (Oreochromis niloticus) dalam sistem pengangkutan tertutup, benih nila di ambil dari Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, di transportasi ke langsa selama 8 jam dan melihat kelangsungan hidup selama 7 hari di pelihara pada wadah ember dengan setiap perlakuan yang sama dan diberi pakan, frekuensi makan 3 kali sehari pukul 08.00, 12.00 dan 16.00 WIB. Penelitian ini mengunakan metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri atas empat perlakuan dan tiga ulangan sehingga dihasilakan 12 percobaan, yaitu : P0 = 0 (kontrol) P1 =  60 gram daun ubi jalar P2 =  80 gram daun ubi jalar P3= 100 gram daun ubi jalar. Hasil dari perlakuan tersebut  berpengaruh  nyata terhadap kelulushidupan (SR) benih ikan nila dengan pemberian perasan daun ubi jalar adapun perlakuan terbaik kelulushidupan yaitu pada P1 yaitu 93.33%, dikarenakan pada perlakuan tersebut perasan daun ubi jalar 60 gram dan tingkat konsumsi oksigen (TKO) berpengaruh nyata perlakun yang terbaik pada tko adalah p1 yaitu 0,043, dikarenakan pada perlakuan P1 selama transportasi 8 jam perjalanan tidak ada benih ikan nila yang mati.

Kata kunci : ikan nila, daun ubi jalar, transportasi, sistem pengakutan tertutup

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ismanita
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 17-03-2021 16:51
Terakhir diubah : 18-03-2021 04:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1114
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!