PENGARUH KEPADATAN YANG BERBEDA TERHADAP KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) PADA SISTEM TRANSPORTASI TERTUTUP

Syawalani (2021), PENGARUH KEPADATAN YANG BERBEDA TERHADAP KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) PADA SISTEM TRANSPORTASI TERTUTUP. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan kakap putih merupakan salah satu ikan komunitas air payau yang memiliki nilai jual ekonomis yang tinggi, permintaan pasar mau ekspor yang semakin meningkat untuk benih ikan kakap putih menyebabkan penyediaan benih harus kontinyu. Transportasi benih merupakan salah satu bagian yang sangat penting dilakukan dalam kegiatan pemasaran benih ikan secara komersial untuk mensuplai kebutuhan petani untuk melakukan budidaya ikan. Penelitian ini dilaksanakan di Green house Universitas Samudra dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kepadatan yang berbeda terhadap kelulushidupan benih ikan kakap putih (Lates calcarifer) pada sistem transportasi tertutup, benih ikan kakap putih diambil dari langsung dari balai BPBAP Ujung Batee, kemudian ditransportasikan kelangsa selama 10 jam perjalanan dan melakukan pengamatan kelulushidupan selama 7 hari pemeliharaan dalam wadah toples berukuran 25 L dengan setiap perlakuan yang berbeda dan diberi pakan, frekuensi pemberian pakan 3 kali sehari 08.00, 12.00 dan 17.00 WIB. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan 3 kali ulangan yaitu P1= 60 ekor P2= 70 ekor P3= 80 ekor dan P4=90 ekor. Hasil dari penelitian tersebut berpengaruh nyata terhadap kelulushidupan benih ikan kakap putih, P2 (100%) merupakan perlakuan untuk kelulushidupan benih terbaik kemudian diikuti dengan P1, P3 dan kelulushidupan terendah pada perlakuan P4 yaitu 14,81%. Sedangkan TKO terendah terdapat pada perlakuan P1 yaitu 0,013 mg/l., sedangkan tingkat konsumsi oksigen tertinggi terdapat pada P4 yaitu 0,040 mg/l.

Kata kunci : Ikan Kakap putih, Kepadatan, Kelulushidupan, Transportasi Tertutup

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Syawalani
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 12-03-2021 17:04
Terakhir diubah : 23-03-2021 23:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1083
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!