PENGARUH PERBEDAAN SHELTER TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS)

FADHLAN AZHARIE LUBIS (2021), PENGARUH PERBEDAAN SHELTER TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan salah satu jenis udang yang banyak dibudidayakan di Indonesia serta negara-negara lain seperti Australia, Amerika dan Inggris. Harga jual yang cukup tinggi dari lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) sendiri masih belum sebanding dengan lamanya pemeliharaan yang memerlukan waktu 6–12 bulan untuk lobster ukuran 50–150 gram/ekor, dan tingkat mortalitas yang tinggi mencapai 30 %. Molting yang lambat dan gagal tentu akan memperlambat pertumbuhan dan regenerasi dari lobster tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelangsungan hidup dan pertumbuhan pada lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) melalui perlakuan Shelter yang berbeda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 4 perkaluan dan 3 ulangan. Pada perlakuan 1 dengan Shelter pipa paralon, perlakuan 2 dengan Shelter daun kelapa, perlakuan 3 dengan Shelter batu roster dan perlakuan 4 dengan Shelter rumput sintetis. Hasil dari perlakuan tersebut tidak berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup, persentase moulting, pertumbuhan bobot mutlak dan pertumbuhan panjang mutlak. Terdapat 3 perlakuan dengan nilai persentase 100% yaitu pada perlakuan pipa paralon, daun kelapa, batu roster dan terendah pada perlakuan rumput sintetis dengan nilai 95,83%, pada persentase moulting tertinggi terdapat di perlakuan pipa paralon yaitu 0,38% dan terendah pada perlakuan batu roster yaitu 0,17%. Pertumbuhan bobot mutlak yang paling tertinggi terdapat pada perlakuan pipa paralon yaitu 3,11 gr dan pertumbuhan bobot mutlak terendah pada perlakuan batu roster yaitu 1,19 gr. Pertumbuhan panjang mutlak menunjukan hasil yang tertinggi didapat pada pipa paralon yaitu 0,14 cm sedangkan pertumbuhan panjang mutlak terendah terdapat pada batu roster yaitu 0,06 cm.

Kata kunci : Perbedaan Shelter, Tingkat Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan, Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FADHLAN AZHARIE LUBIS
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 10-03-2021 15:56
Terakhir diubah : 17-03-2021 04:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1074
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!