SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS SAMUDRA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Riki Altamald Tamba (2021), SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS SAMUDRA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pemilihan  prodi  yang  tepat  bagi  para mahasiswanya merupakan  salah  satu  faktor penunjang kelancaran kegiatan pembelajaran di UNSAM, hal tersebut dilakukan dengan tujuan setiap mahasiswa memperoleh pendidikan sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.


Sistem Pendukung Keputusan (SPK) digunakan sebagai alat bantu bagi para pengambil keputusan untuk memperluas kapabilitas para pengambil keputusan, namun tidak untuk menggantikan penilaian para pengambil keputusan. Sedangkan metode weighting product (WP) merupakan metode yang menghasilkan urutan atribut berdasarkan rating setiap kriterianya.


Tahap-tahap penyelesaian proses pada metode weighting product (WP) yaitu penentuan bobot  preferensi  dari  setiap  kriteria (W),  perkalian  dari  seluruh  atribut  sebuah  alternatif dengan bobot sebagai pangkat positif untuk atribut, hasil perkalian dijumlahkan untuk menghasilkan nilai pada setiap alternatif (S), penentuan nilai setiap alternatif (V) dengan membagi nilai alternatif (S) dengan jumlah total alternatif (S), Alternatif (V).


Penelitian yang sudah dibuat penulis menemukan beberapa point penting, diantaranya terdapat keakurasian dari SPK ini menurut responden yang menggunakan sistem ini sebesar 83.2% dan  terdapat eror dengan nilai tertinggi pada perhitugan metode sebesar 0.5.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Weighting Product, Jurusan UNSAM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riki Altamald Tamba
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2021)
Tanggal disimpan : 26-02-2021 16:08
Terakhir diubah : 26-02-2021 04:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1006
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!