DAMPAK PARIWISATA KEBUN VILLA INDAH TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT GAMPONG SUKAJADI MAKMUR KECAMATAN LANGSA BARO

Yustika aprilia (2021), DAMPAK PARIWISATA KEBUN VILLA INDAH TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT GAMPONG SUKAJADI MAKMUR KECAMATAN LANGSA BARO . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pariwisata merupakan salah satu hal penting bagi suatu negara. Adanya pariwisata, suatu negara atau daerah tempat obyek wisata itu berada akan mendapatkan pemasukan dari pendapatan yang berasal dari obyek wisata tersebut. Gampong Sukajadi Makmur Kecamatan Langsa Baro merupakan Gampong yang memiliki Pariwisata Kebun Villa Indah. Dimana obyek wisata tersebut sudah menarik perhatian masyarakat sejak pertama kali dibuka yaitu sekitar dua tahun yang lalu. Kebun Villa Indah merupakan sebuah tempat wisata beronsep edukasi dan konservasi yang memungkinkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pengelolaan pariwisata yang baik akan menghasilkan beberapa keuntungan dalam berbagai aspek ekologi, sosial dan ekonomi. Akan tetapi apabila tidak dikelola dengan baik dan benar, maka obyek wisata dapat berpotensi menimbulkan masalah atau dampak negatif. Adanya Pariwisata Kebun Vila Indah kemungkinan dapat menambah mata pencaharian baru seperti, berjualan disekitar tempat area obyek wisata. Dengan berjualan masyarakat bisa meningkatkan pendapatannya dari sebelumnya dan mengurangi angka pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Pariwisata Kebun Villa Indah Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Gampong Sukajadi Makmur Kecamatan Langsa Baro.  Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis data dilakukan dengan cara Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing (Verifikasi). Hasil dari penelitian ini yaitu bahwasannya Pariwisata Kebun Villa indah tidak memberikan dampak terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Gampong Sukajadi Makmur Kecamatan Langsa Baro. Dapat dilihat berdasarkan indikator, meliputi (1) tingkat pendidikan yang meningkat tapi tidak signifikan, dimana masyarakat disana dengan jelas mengatakan kalau mereka menyekolahkan anak mereka murni keinginan sendiri dan tidak ada sangkut pautnya dengan perkembangan Pariwisata Kebun Villa Indah (2) tidak adanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat Gampong Sukajadi Makmur, dimana pemilik Pariwisata Kebun Villa Indah lebih memilih memperkerjakan sanak saudara sendiri dari pada masyarakat Gampong (3) pendapatan masyarakat yang hanya berdampak terhadap masyarakat yang berjalan di pinggir jalan dan bengkel. Tidak dengan masyarakat yang mayoritas masih bekerja sebagai petani karet (4) jumlah tanggungan masyarakat Gampong Sukajadi Makmur yang tergolong sedang (5) jenis tempt tinggal yang tidak berubah. Dimana rumah masyarakat Gampong Sukajadi Makmur kebanyakan semi permanen dan tidak memiliki perubahan walaupun adanya Pariwisata Kebun Villa Indah. Saran dari peneliti untuk Pemerintah daerah dan pemilik Kebun Villa Indah agar dapat bekerja sama untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Gampong Sukajadi Makmur.


              

Kata kunci : Pariwisata, Kebun Villa Indah, dan Kondisi Sosial Ekonomi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yustika aprilia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 23-04-2021 15:57
Terakhir diubah : 03-05-2021 21:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1235
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!