EFEKTIFITAS BIOKOAGULAN DARI LIMBAH CANGKANG KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KEKERUHAN AIR BAKU DI PDAM TIRTA KEUMUENENG KOTA LANGSA

Sudiman Sutoyo Silitonga (2021), EFEKTIFITAS BIOKOAGULAN DARI LIMBAH CANGKANG KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KEKERUHAN AIR BAKU DI PDAM TIRTA KEUMUENENG KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang efektifitas biokoagulan dari limbah cangkang kerang darah (Anadara granosa) terhadap penurunan tingkat kekeruhan air baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara sintesis biokoagulan dari limbah cangkang kerang darah dan bagimana efektifitasnya terhadap penurunan tingkat kekeruhan air baku. Pada penelitian ini biokoagulan berupa kitosan telah berhasil disintesis dari limbah cangkang kerang darah dengan tiga tahapan yaitu demineralisasi, deproteinasi, dan diasetilasi dengan kadar air sebesar 1,94%. Berdasarkan hasil analisis menggunakan spektroskopi FTIR kitosan dari cangkang kerang darah memiliki  gugus fungsional yang diantaranya C-H, C-O, O-H, dan N-H yang menunjukkan bahwa kitosan telah terbentuk. Kitosan hasil sintesis dapat digunakan sebagai biokoagulan karena memiliki sifat polikationik dan mampu menyerap pertikulat berupa logam-logam yang terkandung di dalam air. Berdasarkan uji efektifitas biokoagulan terhadap penurunan tingkat kekeruhan air di PDAM Tirta Keumueneng Kota Langsa, dengan variasi massa maksimum sebesar 0,25 g efektif untuk menurunkan tingkat kekeruhan air baku sebesar 89,61%.

Kata kunci : Air, Cangkang Kerang Darah, Bikoagulan, Kitosan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sudiman Sutoyo Silitonga
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 22-02-2021 15:53
Terakhir diubah : 25-02-2021 15:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=989
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!