PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN AGRICULTURE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Umi Kalsum (2021), PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN AGRICULTURE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, kebijakan dividend an ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Agriculture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari www.idx.com. Populasi adalah seluruh Perusahaan Agriculture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018 dengan pemilihan sampel melalui metode purposive sampling. Terdapat delapan perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil analisis regresi linear berganda yaitu Y = 13,994 + 0,009X1 + 0,0000007707X2 - 0,241X3. Hasil analisis menemukan bahwa secara parsial, dua variabel independen yang diuji, yaitu struktur modal dan kebijakan dividen, terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja keuangan. Sementara itu, ukuran perusahaan terbukti memiliki pengaruh bersifat tidak signifikan terhadap kinerja keuangan. Secara simultan, hasil analisis membuktikan bahwa struktur modal, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh tidak secara signifikan terhadap kinerja keuangan Perusahaan Agriculture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa struktur modal, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan hanya memberikan kontribusi atau pengaruh relatif kecil terhadap kinerja keuangan yang berarti masih ada faktor-faktor lain yang berpengaruh tehadap kinerja keuangan. 

Kata kunci : Struktur modal, kebijakan dividen, ukuran perusahaan dan kinerja keuangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Umi Kalsum
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2021)
Tanggal disimpan : 22-02-2021 12:15
Terakhir diubah : 26-03-2021 15:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=988
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!