PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VERIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN BASIC INDUSTRY AND CHEMICALS YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2019)

Siti Fatimah (2020), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VERIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN BASIC INDUSTRY AND CHEMICALS YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2019). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan basic industry and chemicals yang terdaftar di BEI tahun 2014-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data laporan keuangan tahun 2014-2019. Metode yang dilakukan adalah metode analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 77 perusahaan basic industry and chemicals yang terdaftar di BEI tahun 2014-2019, dan 18 sampel perusahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, good corporate governance tidak mempengaruhi nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Yang berarti kinerja keuangan tidak dapat memediasi pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menambahkan indikator atau variabel lain dalam melakukan penelitian selanjutnya.

Kata kunci : Perusahaan Basic Industry and Chemicals, Good Corporate Governance, Earning Per Share, Tobin's Q, kepemilikan manajerial.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Fatimah
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2020)
Tanggal disimpan : 19-02-2021 12:15
Terakhir diubah : 25-02-2021 15:46
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=980
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!