PENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI, PENANAMAN MODAL ASING DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI SUMATERA

Alfian zebua (2021), PENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI, PENANAMAN MODAL ASING DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI SUMATERA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing dan pengeluaran pemerintah terhadap Pertumbuhan ekonomi di Sumatera. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berrasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Direktorat Jenderal Perimbangan dan Keuangan (DJPK), data yang digunakan adalah data priode 2010-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Dari regresi di peroleh nilai koefisien determinasi R^2 untuk model fixed effec tsebesar 0,95% hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 95%. Hasil penelitian secara serentak menyimpulkan bahwa penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing dan pengeluaran pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera dengan hasil uji F statistik sebesar 1463.496. sedangkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera dan pengeluaran pemerintah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhdap pertumbuhan ekonomi di Sumatera.

Kata kunci : Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Penanaman Modal Asing (PMA) dan Pengeluaran Pemerintah (PP), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alfian zebua
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2021)
Tanggal disimpan : 11-02-2021 16:04
Terakhir diubah : 25-02-2021 03:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=951
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!