PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DANTEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) BERBASIS AKRUAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA SKPK KOTA LANGSA)

Mayang Priska Anggraini (2021), PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DANTEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) BERBASIS AKRUAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA SKPK KOTA LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas sumber daya manusia dan teknologi informasi teradap penerapan standar akuntansi pemerintah (SAP) berbasis akrual dan dampaknya terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah (studi kasus pada SKPK Kota Langsa). Sampel pada penelitian ini adalah SKPK yang termasuk kedalam leading sector (sektor utama) di Kota Langsa yang dipilih dengan menggunakan metode Stratified Sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan realibilitas, uji analisis jalur, uji R2 , dan uji sobel dengan menggunakan SPSS 23 sebagai alat analisis. Hasil 2 persamaan regresi adalah I = 12,257 + 0,258X1 +0,225X2dan Y = 14,962 + 0,349X1 + 0,269X2 +0,616I. Berdasarkan analisis jalur menunjukkan bahwa Kualitas SDM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Penerapan SAP Berbasis akrual, Teknologi Informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Penerapan SAP Berbasis akrual, Penerapan SAP Berbasis Akrual berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, Kualitas SDM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, Teknologi Informasi tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Berdasarkan uji sobel menunjukkan bahwa Penerapan SAP Berbasis akrual mampu memediasi pengaruh Kualitas SDM terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah sedangkan Penerapan SAP Berbasis akrual tidak mampu memediasi pengaruh Teknologi Informasi terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah.


 

Kata kunci : Kualitas SDM, Teknologi Informasi, Penerapan SAP Berbasis Akrual, Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mayang Priska Anggraini
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2021)
Tanggal disimpan : 05-02-2021 11:20
Terakhir diubah : 25-02-2021 15:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=924
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!