ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU SISWA TEMA 2 PERSATUAN DALAM PERBEDAAN KELAS VI SD

Raudatul Jannah (2021), ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU SISWA TEMA 2 PERSATUAN DALAM PERBEDAAN KELAS VI SD. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah Banyaknya konflik yang terjadi di Negara Indonesia tidak jauh dari adanya perbedaan, baik antar individu maupun antar kelompok. Pada dasarnya setiap individu memiliki banyak perbedaan contohnya saja seperti warna kulit, panjang rambut, tinggi badan, bahasa, agama, maupun agamanya. Bagi seseorang yang tidak memahami adanya perbedaan tersebut bisa semena-mena kepada yang menurutnya lemah. Contohnya saja dengan adanya pembulian di sekolah menunjukkan bahwa siswa tersebut tidak dapat menghargai temannya, hal tersebut disebabkan ketidakpahaman siswa pada adanya perbedaan yang harusnya bisa saling menghargai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya nilai-nilai pendidikan multikultural pada buku Siswa Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan yang di gunakan siswa kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan
multikultural pada Buku Siswa Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan melalui teknik dokumentasi di analisis secara kualitatif dengan teknik analisis konten/isi. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan multikultural sudah terdapat pada Buku Siswa Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan di kelas VI SD, hal tersebut dapat dilihat melalui nilai toleransi, demokrasi, kesetaraan, dan keadilan yang merupakan indikator nila-nilai pendidikan multikultural.

Kata kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Raudatul Jannah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 05-02-2021 08:39
Terakhir diubah : 05-02-2021 09:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=923
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!