PENGARUH CAMPURAN PUPUK KANDANG DENGAN KOMPOS LIMBAH BAGLOG JAMUR TIRAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.)

Zahrina ismalia (2021), PENGARUH CAMPURAN PUPUK KANDANG DENGAN KOMPOS LIMBAH BAGLOG JAMUR TIRAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran pupuk kandang dengan limbah baglog  jamur tiram terhadap pertumbuhan dan produksi beberapa varietas cabai merah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pertamina Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang dengan ketinggian tempat 11 m dpl. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan yang dimulai pada bulan Juni sampai dengan bulan September 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu pupuk kandang dan kompos limbah baglog jamur tiram  (P) yang terdiri dari 4 taraf yaitu P0 = tanpa pupuk kandang + kompos limbah baglog jamur tiram (kontrol), P1 = pupuk kandang ayam + kompos limbah baglog jamur tiram, P2 = pupuk kandang sapi + kompos limbah baglog jamur tiram, P3 = pupuk kandang kambing + kompos limbah baglog jamur tiram. Faktor kedua yaitu varietas cabai (V), yang terdiri dari 3 taraf :V1 = varietas lado F1, V2 = varietas pm 999 danV3 = varietas Laba F1. Peubah-peubah yang diamati yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah cabang produktif, bobot buah persampel (gram) dan bobot buah perplot (gram). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos baglog jamur tiram + pupuk kandang berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman (4 dan 6 MST). Berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman (2 MST), berat buah persampel dan berat buah perplot, dan berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah cabang  produktif.  Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan P1 (pupuk kandang ayam + kompos limbah baglog jamur tiram). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis varietas tanaman cabai berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman (6 MST), berat buah persampel dan berat buah perplot, berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman (2 dan 4 MST) serta jumlahcabang produktif.  Hasil terbaik diperoleh pada varietas V2  (PM 999).  Interaksi antara pemberian kompos baglog jamur tiram + pupuk kandang dengan varietas cabai merah hanya dijumpai pada tinggi tanaman (umur 4 dan 6 MST). Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk meningkatkan produksi cabai merah disarankan menggunakan kompos baglog jamur tiram + pupuk kandang ayam dengan varietas cabai merah PM 999.

Kata kunci : Kompos Baglog Jamur Tiram, Pupuk Kandang, Cabai Merah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zahrina ismalia
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 02-02-2021 12:07
Terakhir diubah : 25-02-2021 11:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=911
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!