STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA NUGGET TAHU PADA UD SEKARSARI (STUDI KASUS DESA DURIAN KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Lili Suyono (2021), STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA NUGGET TAHU PADA UD SEKARSARI (STUDI KASUS DESA DURIAN KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UD Sekarsari milik Pak Supardi merupakan usaha pembuatan tahu, yangmenghasilkan 210-300 bungkus tahu perhari, selama ini UD Sekarsari hanya memproduksi tahu untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan tanah miliknya, yang ingin dikembangkan adalah pabrik nugget yang berbahan dasar tahu. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui studi kelayakan usaha nugget tahu berdasarkan aspek teknologi pada perencanaan, lokasi usaha, peralatan dan proses produksi, kapasitas produksi, dan tenaga kerja, dan aspek finansial (ekonomi) pada UD Sekarsari. Metode yang digunakan adalah (net present value (NPV), internal rate of retum (IRR), profitability rasio (PR), payback period (PP) dan break event point (BEP) . Hasil dan pembahasan studi kelayakan usaha nugeet tahu didapatkan nilai net presen value (NPV) sebesar Rp 1,010,514,792, internal rate of retum (IRR) sebesar 37,77% nilai profitability rasio (PR) 27,09 nilai payback period (PP) selama 1 tahun 4 bulan 1 hari dan nilai break event point (BEP) selama 2 tahun 8 bulan 7 hari. Kesimpulan studi kelayakan usaha nugget tahu di Desa Durian Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, usaha ini layak untuk di lanjutkan.

Kata kunci : Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR),Profitability (PR), break event point (BEP)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lili Suyono
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 20-01-2021 15:48
Terakhir diubah : 16-03-2021 09:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=864
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!