ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN AIR BERSIH PADA KOMPLEK PT. PERTAMINA FIELD RANTAU (STUDI KASUS : WTP PT.PERTAMINA FIELD RANTAU KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Anggi zulfisa harahap (2020), ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN AIR BERSIH PADA KOMPLEK PT. PERTAMINA FIELD RANTAU (STUDI KASUS : WTP PT.PERTAMINA FIELD RANTAU KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi manusia sehingga menjadi hal yang wajar jika sektor air bersih menjadi proritas dalam penanganan dan pemenuhannya.Dengan mengandalkan sungai tamiang sebagai  bahan baku air utama yang diolah menjadi air yang di suplay keperumahan yang ada di komplek pertamina rantau.WTP-Rantau sebagai pengolahan air bersih selalu menjaga dan memelihara setiap pengoprasian seluruh pompa mesin, dan pengoprasian seluruh tangki/bak yang ada diareal WTP-Rantau sebagai penunjang kinerja. Hanya dengan 2 tangki distribusi dengan kapasitas  diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih dikomplek PT.Pertamina Field Rantau.Penelitian ini yang berjudul analisa tingkat kepuasan pelanggan air bersih pada komplek PT.Pertamina Field Rantau. Didasarkan pada permasalahan yang menyangkut kepuasan pelanggan dalam hal ini terkait kualitas pelayanan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan khususnya diseluruh rumah karyawan komplek PT.Pertamina rantau. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi semua pelanggan WTP-Rantau dengan jumlah sampel sebanyak 77 rumah sesuai dengan rumus Slovin dari 328 rumah yang dihuni. Teknik analisis menggunakan metode uji Validitas, uji Reliabiitas dan skala likert. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan rumus Cronbach Alpha dengan hasil =0,594 lebih besar dari taraf ketentuan   dengan taraf signifikan 5% adalah 0,220 menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas termasuk tinggi, selanjutnya peneliti melakukan penyelesaian akhir pada penelitian ini dengan rumus indeks menunjukkan bahwa 61% penghuni perumahan karyawan sudah puas dengan suplay air yang dialiri WTP-Rantau keseluruh perumahan karyawan.

Kata kunci : Menganalisi Kinerja ,Distribusi Air Bersih,Kepuasan pelanggan

File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Anggi zulfisa harahap
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2020)
Tanggal disimpan : 19-01-2021 10:51
Terakhir diubah : 08-07-2021 00:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=860
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!