PENGURANGAN BULLWHIP EFFECT PADA SISTEM RANTAI PASOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE VENDOR MANAGEMENT INVENTORY (VMI)

M.ISPANDI (2021), PENGURANGAN BULLWHIP EFFECT PADA SISTEM RANTAI PASOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE VENDOR MANAGEMENT INVENTORY (VMI). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

            IKM Keripik Mustika merupakan salah satu usaha keripik paling laris untuk daerah Kota Langsa. Masalah yang terjadi yaitu pendistribusian yang tidak sesuai dengan total permintaan konsumen menyebabkan Bullwhip Effect maka dari itu perlu dilakukan manajemen penyimpanan stock pada retail. Adapun tujuan penelitian ini adalah pengukuran Bullwhip Effect pada setiap retail berfungsi untuk mengetahui besarnya Distorsi Informasi dan Mengendalikan Inventory, Suply Chain. Metode yang digunakan adalah Vendor Management Inventory (VMI). Diperoleh bahwa rata-rata error  terkecil yaitu dengan metode Exponential Smoothing dengan menggunakan alpa 0,9. Parameter Error yang digunakan adalah MAPE, MAD, dan MSE. Model yang digunakan untuk menghubungkan antara peramalan dan pelaksanaan dengan menggunakan metode VMI. Pengendalian persediaan dilakukan dengan melakukan perhitungan lot optimal menggunakan metode Eqonomic Order Quantity. Berdasarkan peramalan permintaan dan penentuan lot optimal, maka dapat dilakukan perhitungan dari estimasi Bullwhip Effect yang terjadi sebelum penggunaan VMI pada Retail 1 Lhok Nibong (UD.Rizki) yakni 1,0578, Retail 2 Lhok Nibong (UD. Karona) yakni 1,1628, Retail 3 Lhok Nibong (UD.Arisqi) yakni 1,0990, Retail 4 Kota Langsa (UD. Rahma) yakni 1,2330, Retail 5 Kota Langsa (UD. Bambu Runcing Fruit) yakni 1,0162. Setelah dilakukan perhitungan lot optimal dilakukan perhitungan dari Safety Stock, Reorder Point, dan Maximum Stock yaitu dengan rata-rata nilai optimal  Stock Retail 1 Lhok Nibong (UD.Rizki) yakni 480 pcs, Retail 2 Lhok Nibong (UD. Karona) yakni 1200 pcs, Retail 3 Lhok Nibong (UD.Arisqi) yakni 260 pcs, Retail 4 Kota Langsa (UD. Rahma) yakni 260 pcs, Retail 5 Kota Langsa (UD. Bambu Runcing Fruit) yakni 1000 pcs. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa stok pada IKM Keripik Mustika dapat memenuhi kebutuhan dari seluruh Retail yang ada. Hal ini dapat diterapkan apabila terdapat kolaborasi aktif yang dilakukan melalui Inventory Management dan Forecast Demand.

Kata kunci : Bullwhip Effect, Exponential Smooting Method, Economic Order Quantity (EOQ), Vendorr Management Inventory (VMI), Kolaborasi Rantai Pasok.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M.ISPANDI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 14-01-2021 12:32
Terakhir diubah : 25-02-2021 16:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=845
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!