PENGARUH KERAJAAN SAMUDERA PASAI TERHADAP PERKEMBANGAN KERAJAAN ISLAM DI JAWA ABAD KE-13 S/D ABAD KE-16

Supriatin (2017), PENGARUH KERAJAAN SAMUDERA PASAI TERHADAP PERKEMBANGAN KERAJAAN ISLAM DI JAWA ABAD KE-13 S/D ABAD KE-16. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Aceh merupakan daerah yang pertama menerima Islam di nusantara. Dalam sejarah perkembangan Islam di nusantara, kerajaan Islam Peureulak merupakan kerajaan Islam yang pertama, kemudian baru muncul kerajaan-kerajaan lain yang sangat berjasa besar dalam mengembangkan Islam di wilayah Asia tenggara. Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan pertama di Indonesia. Saat itu Samudra Pasai menjadi pusat perdagangan dan persinggahan dari berbagai negara. Peranan Pasai kemudian menurun setelah berkembangnya pelabuhan Malaka dan juga menjadi pusat dakwah penyebaran Islam di Nusantara, perkembangan Islam di Nusantara. Kebanyakan mubalig Islam yang datang ke Jawa dan daerah lain berasal dari Pasai. Eratnya pengaruh Kerajaan Samudera Pasai dengan perkembangan Islam di Jawa juga terlihat dari sejarah dan latar belakang para Wali Songo.


Tujuan dari penelitian adalah penulis ingin mengetahui peranan Samudera Pasai dalam Perkembangan Islam di Jawa. Penulis ingin mendalami Faktor-faktor apa yang menyebabkan Aceh  memberi arti penting bagi pertumbuhan Agama Islam di Jawa. Penulis ingin mengetahui perubahan apa saja dalam Kerajaan Islam di Jawa yang mendapat pengaruh dari Samudera Pasai.


Metode penelitian yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode sejarah kritis yang mencakup empat langkah atau tahapan, sebagai berikut: mencari dan menggumpulkan berbagai jenis sumber baik primer maupun skunder. Melakukan kritik atas sumber-sumber yang dikumpulkan baik kritik ekstern maupun intern guna menguji otentisitas dan kredibelitas. Memunculkan berbagai fakta yang diperlukan dari sumber atau mengumpulkan fakta-fakta dan menjadi suatu kisah sejarah yang lebih bermakna dan sempurna.


Hasil penelitian menunjukan bahwa persebaran Islam keseluruh Nusantara dan bahkan kekawasan Asia Tenggara dimungkinkan karena hubungan ini berkaitan dengan kegiatan perdagangan yang di dalamnya juga terdapat kegiatan para pedagang yang sekaligus bertindak sebagai pendakwah.


Dalam penulisan ini banyak terdapat kekurangan maka dari sini, penulis berharap kepada mahasiswa, khusnya dari Program Studi pendidikan sejarah, baik itu yang terdapat di daerah maupun diluar daerah, agar dapat melanjutkan penelitian dengan tema seperti ini, terutama terhadap sejarah tentang penyebaran Islam di pulau Jawa sehingga penelitian tersebut dapat menjadi sumber referensi tentang sejarah kebudayaan Islam di Indonesia. sehingga buku-buku tersebut dapat menjadi sumber bagi penelitian dan bagi generasi selanjutnya.

Kata kunci : Kerajaan Samudera Pasai, Perkembangan Islam di Nusantara

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Supriatin
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2017)
Tanggal disimpan : 22-12-2020 10:33
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2017
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=812
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!