INVENTARISASI JENIS PAKU TERESTRIAL (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN AIR TERJUN TUJUH TINGKAT DESA SELAMAT KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG

Risa Ramadani (2020), INVENTARISASI JENIS PAKU TERESTRIAL (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN AIR TERJUN TUJUH TINGKAT DESA SELAMAT KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tumbuhan paku dapat ditemukan dengan jenis yang beranekaragam di beberapa lingkungan yang sesuai dengan habitat tumbuhan paku, seperti di Kawasan Air Terjun Tujuh Tingkat Desa Selamat Kecematan Tenggulun dengan kondisi kawasan yang masih asri, sangat mendukung untuk pertumbuh dan berkembang paku terestrial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan bagaimana potensi tumbuhan paku terestrial di Kawasan Air Terjun Tujuh Tingkat Desa Selamat Kecematan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian dilaksanakan pada Januari sampai Mei 2020 di Kawasan Air Terjun Tujuh Tingkat Desa Selamat Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang dengan metode jelajah dan wawancara. Identifikasi sampel dilakukan di Laboraturium Universitas Samudra. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan jenis tumbuhan paku pada Kawasan Air Terjun Tujuh Tingkat Desa Selamat Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 20 jenis, dari 3 Bangsa, 9 Suku, 17 Marga tumbuhan paku dan hidup secara teresterial, yaitu Dicranopteris linearis (Burm. f.) Underw, Deparia petersenii (Kunze) M. Kato, Diplazium esculentum (Retz) Sw, Diplazium sandwichianum (C. Precl) Diels, Pleocnemia irregularis (Burm. f.), Blechnum orientale L, Stenochlaena palustris (Burm. f.), Nephrolepis cordifolia (L.) C. Precl, Nephrolepis exaltata (L.) Schott, Drynaria quercifolia (L.) J. Sm, Microsorum scolopendria (Burm. f.) Copel, Adiantum trapeziforme L, Pityrogramma calomelanos L. Link, Pteris biaurita L, Tectaria acerifolia R.C. Moran, Tectaria decurrens (C. Presl) Copel, Heterogonium pinnatum (Copel.) Holttum, Christella dentata (Forssk) Brownsey & Jermy, Cyclosorus heterocarpus (Blume) Ching, Selaginella sp..Jenis paku yang hanya dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Selamat Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang sebagai pakan ternak yaitu jenis Dicranopteris linearis (Burm. f.) Underw dan jenis dari suku Athyriaceae yaitu Diplazium sandwichianum dan Diplazium esculentum (Retz) Sw.


 


 

Kata kunci : Inventarisasi, Pteridophyta, Potensi, Tenggulun.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Risa Ramadani
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2020)
Tanggal disimpan : 11-12-2020 10:17
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=800
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!