PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA XI IPS 1 SMA NEGERI 2 LANGSA (STUDI KASUS PENINGGALAN SEJARAH KOLONIAL DI KOTA LANGSA)

Wulan Hadis (2020), PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA XI IPS 1 SMA NEGERI 2 LANGSA (STUDI KASUS PENINGGALAN SEJARAH KOLONIAL DI KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kota Langsa terdapat beberapa peninggalan sejarah kolonial yang berpotensi sebagai sumber belajar sejarah. Diantaranya ialah Museum Kota Langsa (Balai Juang), Pendopo, Kantor Pos, Ruko Belakang dan Kantor satpol PP/WH. Tujuan penelitian ini ialah (1). Untuk mengetahui objek sejarah peninggalan kolonial Belanda di Kota Langsa, (2). Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran sejarah melalui metode karyawisata siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Langsa, (3). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode karyawisata pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Langsa.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Langsa. Informan adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Langsa, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran sejarah, siswa SMA Negeri 2 Langsa serta Kasi Kesejarahan (pengelola peninggalan sejarah). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi peninggalan sejarah yang ada di kota langsa dapat dikatakan sudah layak digunakan sebagai sumber belajar siswa di sekolah. Peningkatan pembelajaran sejarah melalui metode karyawisata, siswa XI IPS 1 sebelum diterapkannya metode karyawisata nilai rata-rata siswa sekitar 32% dan setelah diterapkannya metode karyawisata nilai rata-rata siswa XI IPS 1 dinyatakan meningkat sekitar 86% dilihat dari hasil jawaban soal yang diberikan oleh guru mata pelajaran sebelum dan sesudah penerapan. Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan metode karyawisata ialah kendala ditransportasi, waktu, biaya, dan pengawasan guru. Dengan adanya penerapan metode karyawisata disarankan bagi guru mata pelajaran ketika menggunakan karyawisata agar guru tetap fokus mengawasi siswa dan fokus terhadap materi, agar tujuan awal berkaryawisata tidak terlupakan.

Kata kunci : peningkatan pembelajaran, metode karyawisata, peninggalan sejarah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wulan Hadis
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2020)
Tanggal disimpan : 30-11-2020 10:12
Terakhir diubah : 25-02-2021 22:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=762
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!