PENINGKATAN KETRAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MELALUI METODE TIME TOKEN DI KELAS V SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG

Shienta Ari Marzura (2021), PENINGKATAN KETRAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MELALUI METODE TIME TOKEN DI KELAS V SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ketrampilan mengemukakan pendapat siswa di SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong masih kurang. Salah satu metode yang tepat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan mengemukakan pendapat siswa adalah dengan mengunakan metode time token. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan mengemukakan pendapat siswa dengan menggunakan metode time token dikelas V SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi untuk melihat peningkatan ketrampilan mengemukakan pendapat siswa dan dokumentasi untuk membuktikan hasil penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengamati ketrampilan berpendapat siswa adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas guru dan siswa serta lembar pengamatan ketrampilan berpendapat siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian Ketrampilan mengemukakan pendapat siswa pada siklus I hanya mencapai presentase 32% dari keseluruhan peserta didik yang mampu mengemukakan pendapatnya. Sedangkan pada siklus II mulai ada peningkatan yaitu memperoleh presentase 58%. Presentase pada siklus III ketrampilan mengemukakan pendapat peserta didik mencapai 86%. Peneliti menyarankan pada pihak sekolah agar lebih melengkapi fasilitas disekolah. Kepada guru disarankan agar lebih banyak menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi saat proses pembelajaran berlangsung agar siswa dapat berkontribusi aktif dan semangat saat proses pembelajaran berlangsung. Kemudian kepada pembaca maupun peneliti selanjutnya agar dapat memperbaiki kekurangan yang terdapat pada penelitian ini dikarenakan ketrampilan mengemukakan pendapat siswa harus lebih diperhatikan lagi karena mengemukakan pendapat adalah salah satu hal penting yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci : Ketrampilan mengemukakan pendapat, metode time token

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Shienta Ari Marzura
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 19-11-2020 13:59
Terakhir diubah : 12-03-2021 16:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=738
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!