ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rauzatul jannah (2021), ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses pembelajaran yang menyenangkan dinilai penting karena dapat menarik perhatian peserta didik. Dengan adanya perhatian peserta didik maka proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh oleh seorang guru jika guru senantiasa menambah pengetahuan serta mengembangkan ide-idenya. Seorang guru diituntut kreativitasnya dalam memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran tematik di kelas III-C SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong. Metode penelitian adalah penelitian deskriptiff dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kreativitas guru kelas 3-C merupakan guru yang memiliki kategori teori 4 P yaitu pribadi kreatif, press (dorongan), proses kreatif dan produk kreatif. Hal ini dilihat saat proses pembelajaran guru tersebut menggunakan media pembelajaran. Dengan kreatifitas guru membuat media pembelajaran mengacu peserta didik menjadi terdorong aktif dalam proses belajar mengajar. Seperti menimbulkan pertanyaan pertanyaan yang menarik kemudian peserta didik akan menjadi tertantang, membuat interaksi antara peserta didik dengan guru menjadi lebih baik. Faktor yang Mendukung pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran berlangsung yaitu tujuan yang jelas, prosedur proses, masukkan saran mengenai pendataan kebutuhan media, kondisi dana, fasilitas pendukung dan lingkungan serta motivasi peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran. Faktor yang Menghambat pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran yaitu kuantitas dan kualitas media yang tersedia. Dari segi kualitas barang tidak tersedianya bahan sehingga sulit untuk ditemukan atau dibuat serta sumber dana yang di dapat. Disarankan dalam penelitian ini adalah dapat mempertajam analisis terhadap kreatifitas guru dalam pembelajaran tematik serta lebih meningkatkan kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran yang lebih menarik.

Kata kunci : Kreatifitas Guru, Analisis, Media Pembelajaran

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rauzatul jannah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 19-11-2020 12:40
Terakhir diubah : 01-03-2021 16:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=736
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!