PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENJUALAN COMPACT DISC (CD) DAN DIGITAL VERSATILE DISC (DVD) BAJAKAN DI KOTA LANGSA

Devi susantri silalahi (2020), PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENJUALAN COMPACT DISC (CD) DAN DIGITAL VERSATILE DISC (DVD) BAJAKAN DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penegakan hukum terhadap Penjualan Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan memiliki hukuman berupa sanksi pidana yang diatur dalam Undang-Undang Hak Cipta. Karena penjualan Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan memberikan dampak ekonomi bagi Negara.Maraknya penjualan Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan ini semakin nyata dengan banyaknya toko-toko music yang menjual Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan dikota langsa.Dengan banyaknya toko yang menjual Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan tetapi tidak ada penegakan hukum dari penegak hukum.
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum tentang perlindungan hak cipta, penegakan hukum terhadap pelanggaran Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan dikota Langsa,hambatan dan upaya pihak kepolisian dalam menanggulangi banyaknya Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan yang diperjualbelikan dikota langsa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian yuridis empiris ,yaitu penelitian melalui serangkaian wawancara lapangan dengan responden dan informan. Selain itu dilakukan juga penelitian melalui studi pustaka untuk memperoleh data yang terkait dengan judul skripsi ini sehingga diperoleh data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.
Pengaturan hukum tentang pelanggaran Hak Cipta tentang penjualan Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) Bajakan diatur dalam Pasal 7 ayat 3, Pasal 52 Dan Pasal 112 , Pasal 114 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, penegakan hukum terhadap penjualan Compact Disc( CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) bajakan dikota langsa belum efektif,dimana penegakan hukumnya belum pernah dilakukan oleh penegak hukum. Hambatan yang dihadapi oleh pihak kepolisian dalam menegakan pelanggaran mengenai penjualan Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) bajakan dikota langsa karena kurangnya tenaga ahli dan banyaknya biaya untuk mendatangkan tenaga ahli kekota langsa terhadap penjualan Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) bajakan, pemerintah kota langsa sendiri juga belum pernah melakukan sosialisai terhadap masyarakat mengenai hak cipta dan pentingnya menghargai hasil karya cipta sang pencipta ,sehingga masyarakat sendiripun masih kurang mengerti tentang Undang-Undang hak cipta dan pelnggaran hak cipta. Upaya penegakan hukum akan terus dilakukan melalui pertimbangan-pertimbangan oleh pihak kepolisian dan pemerintah dikota langsa untuk menegakan Undang-Undang hak cipta
Disarankan kepada penegak hukum, untuk melakukan penegakan hukum terhadap penjual Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) bajakan,kepada penjual Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) bajakan untuk tidak menjual Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) bajakan sesuai dengan aturan yang berlaku,dan kepada pembeli untuk tidak membiasakan diri untuk membeli Compact Disc (CD) dan Digital Versatile Disc (DVD) bajakan.

Kata kunci : Penegakan hukum, CD dan DVD ,Bajakan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Devi susantri silalahi
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2020)
Tanggal disimpan : 16-11-2020 16:02
Terakhir diubah : 26-02-2021 10:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=730
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!