PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANNI) PADA PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN GABUS (CANNA STRIATA)

Jappi Tua Tamba (2020), PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANNI) PADA PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN GABUS (CANNA STRIATA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan Gabus merupakan salah satu komoditas dari sektor perikanan air tawar yang biasa dijumpai di sungai, dan di rawa yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan permintaan pasar yang tinggi. Ketersedian ikan gabus masih terbatas pada hasil tangkapnya di alam. Dan upaya pengembangan budidaya ikan gabus masih sedikit karena lambatnya pertumbuhan pada ikan gabus dan rendahnya respon ikan gabus terhadap pakan buatan komersial dibandingkan pakan alami, salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam permasalah tersebut adalah dengan menambahkan tepung daun kayu manis (Cinnamomum burmannii) yang yang mengandung sinamaldehid sebagai aktraktan pada pakan komersial. Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan gabus yang diberikan pakan yang mengandung tepung daun kayu manis (Cinnamomumm burnamani) dengan dosis yang berbeda.


                   Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan yang dilakukan adalah kontrol (P1), penambahan tepung daun kayu manis 0,5% (P2), penambahan tepung daun kayu manis 1% (P3), dan penambahan tepung daun kayu manis 1,5%  (P4). Parameter penelitian yang di amati merupakan pertumbuhan bobot mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan harian (LPH), efisiensi pakan (EP), kadar lemak pada tubuh ikan, survival rate, dan kualitas air.


            Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan tepung daun kayu manis dengan dosis 1% mempengaruhi pertumbuhan bobot mutlak, pertumbuhan  panjang mutlak, LPH, dan EP. Penambahan tepung daun kayu anis dengan dosis 1,5% dapat menurunkan kadar lemak pada tubuh ikan gabus.


 

Kata kunci : Tepung daun kayu manis, ikan gabus, pertumbuhan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Jappi Tua Tamba
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2020)
Tanggal disimpan : 16-11-2020 10:32
Terakhir diubah : 26-02-2021 09:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=729
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!