ANALISIS STABILITAS MODEL SIR (SUSCEPTIBLES, INFECTED, RECOVERED) PADA PENYEBARAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA DI KABUPATEN BATUBARA

Tri handayani sinambela (2020), ANALISIS STABILITAS MODEL SIR (SUSCEPTIBLES, INFECTED, RECOVERED) PADA PENYEBARAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA DI KABUPATEN BATUBARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK


 


Chikungunya merupakan penyakit endemik atau penyakit menular. Penyakit ini disebabkan oleh virus Chikungunya (CHIK) yang merupakan virus dari famili Togaviridae, genus Alphavirus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model penyebaran penyakit Demam Chikungunya di Kabupaten Batubara dan menganalisis kestabilan penyebaran penyakit Demam Chikugunya di Kabupaten Batubara di sekitar titik kesetimbangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sekunder pada tahun 2013-2018 yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Pusat Kesehatan Masyarakat Kabupaten Batubara. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SIR yaitu populasi Susceptible (rentan), populasi Infected (terinfeksi) dan populasi Recovered (sembuh). Pengolahan data menggunakan software MAPLE 13 dengan mengumpulkan data, memodelkan dalam bentuk model SIR, menganalisis titik kesetimbangan bebas penyakit dan endemik, menganalisis kestabilan dari model (menghitung titik kesetimbangan, matriks Jacobian, nilai eigen, dan nilai R0) dan simulasi model. Berdasarkan hasil dari analisis diperoleh bahwa penyakit Demam Chikungunya di Kabupaten Batubara memiliki bilangan reproduksi dasar 0.0002 yang artinya penyakit Demam Chikungunya tersebut bebas penyakit atau penyakit tersebut akan hilang.


 


 

Kata kunci : Kata kunci: Chikungunya, Model SIR, Kestabilan Titik Kesetimbangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tri handayani sinambela
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2020)
Tanggal disimpan : 12-11-2020 10:13
Terakhir diubah : 26-02-2021 09:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=720
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!