PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING PADA PT. NATIONAL SUPER KIM II MABAR, MEDAN

Hamidi Azis Nasution (2021), PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING PADA PT. NATIONAL SUPER KIM II MABAR, MEDAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK


 


PT. National Super adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang elektronik  yang  memproduksi produk-produk elektronik rumah tangga. Perusahaan memiliki permasalahan pada tata letak lantai produksinya. Kondisi tersebut dapat dilihat dari jauhnya jarak pemindahan bahan dan aliran material yang tidak teratur. Tujuan penelitian ini adalah menghitung jarak perpindahan material antar stasiun kerja dengan total perpindahan bahan minimum untuk memperpendek total jarak perpindahan bahan dalam meningkatkan efisiensi pemindahan  bahan dan  membuat  usulan  layout  yang  dapat  memberikan  jarak perpindahan material yang minimum antar stasiun kerja. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penelitian ini adalah metode Systematic Layout Planning (SLP). Untuk melakukan perbaikan tata letak fasilitas produksi, dilakukan perhitungan titik koordinat dari setiap stasiun kerja dilantai produksi. Berdasarkan  hasil  perhitungan  perbaikan  tata  letak  fasilitas  produksi menghasilkan total perpindahan bahan minimum yaitu sebesar 6.653.178 meter perpindahan per tahun, perpindahan ini tentunya jauh lebih kecil dari tata letak fasilitas produksi awal yaitu sebesar 10.855.237 meter per tahun, dengan hasil total perpindahan sebesar 4.202.059, serta perbaikan tata letak fasilitas produksi memperpendek  total  jarak  perpindahan  bahan  yang  pada  tata  letak  fasilitas produksi awal sebesar 230,5 meter menjadi 167 meter, dengan hasil total jarak sebesar  63,5  meter,  dalam  hal  efisiensi  kegiatan  pemindahan  bahan  pada perbaikan tata letak fasilitas produksi meningkat sebesar 38,576% dari tata letak fasilitas produksi awal.


 

Kata kunci : tata letak fasilitas produksi, perpindahan bahan, systematic layout planning.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hamidi Azis Nasution
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 03-11-2020 10:45
Terakhir diubah : 25-02-2021 15:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=702
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!