PENGARUH DIFERENSIASI DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LEMARI OLIMPIC DI KOTA LANGSA

MAULIZA SYAFRIANI (2018), PENGARUH DIFERENSIASI DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LEMARI OLIMPIC DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh diferensiasi dan
merek terhadap keputusan pembelian Lemari Olimpic di Kota Langsa. Populasi pada
penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan sedang menggunakan
lemari merek Olimpic. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner dan wawancara.
Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan
koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Y 3,751 +
0,434 D + 0,307 M. Persamaan tersebut dapat diinterprestasikan bahwa Nilai
Konstanta sebesar 0,751 artinya besarnya keputusan pembelian yang tidak
dipengaruhi oleh variabel Diferensiasi dan Merek adalah sebesar 3,751 satuan.
Koefisien Regresi Diferensiasi (D) sebesar 0,434, memberikan arti bahwa
Diferensiasi (M) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini
menunjukkan bahwa dengan penambahan satu satuan Diferensiasi (D), maka akan
terjadi peningkatan keputusan pembelian sebesar 0,434. Koefisien Regresi Merek (M)
sebesar 0,307, memberikan arti bahwa Merek (D) berpengaruh positif terhadap
Keputusan Pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penambahan satu satuan
Merek (M), maka akan terjadi peningkatan keputusan pembelian sebesar 0,307. Hasil
koefisien determinasi yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,435. Hal ini berarti
sebesar 43,5% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel
diferensiasi dan merek, sedangkan sisanya 56,5% variabel keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial
Variabel Diferensiasi (D) dan Merek (M) mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 <
0,05, artinya secara statistik variabel Diferensiasi (D) dan Merek (M) memiliki
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, maka hipotesis dapat diterima.
Hasil Uji F (Simultan) dalam penelitian ini mempunyai nilai signifikansi sebesar
(0,000<0,05), Hal ini dapat dinterprestasikan bahwa secara statistik variabel
Diferensiasi (D) dan Merek (M) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian, maka hipotesis dapat diterima.

Kata kunci : -
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MAULIZA SYAFRIANI
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2018)
Pembimbing : (1). Drs. Muhammad Nur Daud, M.Si (2). Meutia Devi, SE, MM
Tanggal disimpan : 28-01-2019 12:05
Terakhir diubah : 28-01-2019 12:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=70