PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERMEDIAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Sekawan Putri (2020), PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERMEDIAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis yang harus dikuasai siswa ternyata tidak didukung dengan fakta yang terdapat di lapangan bahwa rata-rata siswa masih memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model group investigation bermediakan software autograph pada materi integral tentu khususnya integral aljabar subtopik menghitung luas daerah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi integral yang diajarkan dengan model Group Investigation bermediakan Software Autograph. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Langsa yang berjumlah 34 siswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 1 Langsa yang diajarkan dengan model group investigation bermediakan software autograph dengan nilai (t hitung =14,67 > t tabel(0,05;33) = 2,03) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi integral yang diajarkan dengan model Group Investigation bermediakan Software Autograph pada siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 1 Langsa tahun ajaran 2019/2020. Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi guru, dan siswa diharapkan lebih semangat lagi dalam belajar, bagi peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Model Group Investigation, Software Autograph, Kemampuan Penalaran Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sekawan Putri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2020)
Tanggal disimpan : 22-10-2020 12:20
Terakhir diubah : 25-02-2021 16:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=691
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!