USULAN PERBAIKAN PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PERUSAHAAN KONSTRUKSI JALAN (STUDI KASUS: PT KARYA SHAKILA GROUP)

Fauzan Ariswa (2020), USULAN PERBAIKAN PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PERUSAHAAN KONSTRUKSI JALAN (STUDI KASUS: PT KARYA SHAKILA GROUP) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK


 


PT Karya Shakila Group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi jalan. Perusahaan didirikan pada tahun 2006 oleh Bapak Taufik H.AR Amd dan sampai sekarang masih beroperasi. PT Karya Shakila Group memiliki 100 karyawan tetap. Permasalahan yang terdapat di PT Karya Shakila Group adalah karyawan tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap seperti tidak menggunakan helm proyek, sepatu safety, masker, kaca mata dan ear plug. Tetapi pada kenyataannya saat ini masih terjadi kecelakaan kerja. Adapun tujuan penelitian ini menganalisis dan memberikan solusi terhadap risiko kecelakaan kerja pada perusahaan konstruksi jalan di PT Karya Shakila Group sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP). Metode yang dipergunakan adalah Hazard Identification And Risk Assessment (HIRA). Hasil dan pembahasan Jumlah risiko kecelakaan kerja terbanyak yaitu 10 pada Aspal Mixing Plant (AMP). Kemudian pada Tenaga Penggerak (Genset) yaitu dengan jumlah risiko kecelakaan kerja 5 dan yang paling sedikit pada Stone Crusher dengan jumlah risiko kecelakaan kerja 4. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah temuan risiko kecelakaan kerja pada proses produksi PT Karya Shakila Group dengan level risiko yang tinggi dan Ekstrim. potensi bahaya terdapat pada Stone Crusher tidak adanya Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Potensi selanjutnya tidak adanya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) pada Aspal Mixing Plant (AMP). Potensi bahaya terdapat pada Tenaga Penggerak (Genset) tidak adanya Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Potensi selanjutnya kotak listrik yang tidak ada tanda peringatan di Tenaga Penggerak (Genset). Potensi terakhir tidak adanya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) pada Tenaga Penggerak (Genset).


Kata kunci: K3, HIRA, FTA, Risiko Kecelakaan Kerja.

Kata kunci : K3, HIRA, FTA, Risiko Kecelakaan Kerja.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fauzan Ariswa
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2020)
Tanggal disimpan : 15-10-2020 10:54
Terakhir diubah : 25-02-2021 16:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=686
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!