PENGARUH UMUR BIBIT DAN JUMLAH BIBIT PERLUBANG TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA L) DENGAN METODE HAZTON

Nurhalimah (2024), PENGARUH UMUR BIBIT DAN JUMLAH BIBIT PERLUBANG TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA L) DENGAN METODE HAZTON. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur bibit dan jumlah bibit perlubang tanam terhadap pertumbuhan dan produksi padi sawah (oryza sativa l.) dengan metode hazton serta interaksi antara keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di lahan sawah petani Desa Paya Udang, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. yang dilakukan dari bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Split Plot Design atau Rancangan Petak Terpisah (RPT) terdiri dari 2 faktor, yaitu : faktor umur bibit yang terdiri dari 3 taraf : U1 (20 HSS), U2 (25 HSS) dan U3 (30 HSS), serta faktor jumlah bibit, yang terdiri dari 3 taraf : J₁ (20 bibit/lubang), J₂ (25 bibit/lubang)  dan J3 (30 bibit/lubang). Parameter yang diamati antara lain : tinggi tanaman (umur 14, 42, dan 70 HST), jumlah anakan per rumpun, jumlah dan panjang malai, produksi gabah, bobot 1000 butir gabah, persentase gabah berisi dan hampa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan umur bibit berpengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 14, 42 dan 70 HST, jumlah anakan, panjang malai, bobot 1000 butir gabah. Berpengaruh nyata terhadap produksi gabah. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan U1 (umur 20 HSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jumlah bibit bibit berpengaruh sangat nyata terhadap parameter jumlah anakan per rumpun, produksi gabah dan bobot 1000 butir gabah. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan J1 (20 bibit/lubang). Tidak terdapat interaksi antara perlakuan umur bibit dengan jumlah bibit terhadap semua parameter pengamatan. Pengaruh tidak nyata terhadap semua parameter pengamatan diduga karena kedua faktor yang digunakan pada penelitian ini tidak saling mendukung sehingga interaksi yang ditimbulkan kedua faktor tersebut tidak berbeda nyata.

Kata kunci : Bibit, Padi Sawah (Oryza sativa L), Metode Hazton

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurhalimah
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 05-04-2024 15:25
Terakhir diubah : 15-07-2024 15:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5646
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!