PENGARUH KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN PADA PEKERJA PENGGILINGAN PADI (studi kasus: CV. Aceh Jaya Perkasa (AJV) Lubuk Punti,Aceh Tamiang)

DANANG YUDISTIRA (2019), PENGARUH KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN PADA PEKERJA PENGGILINGAN PADI (studi kasus: CV. Aceh Jaya Perkasa (AJV) Lubuk Punti,Aceh Tamiang). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Lingkungan kerja yang bising dapat mengakibatkan turunnya konsentrasi sampai ketulian ( Dep Kes RI, 2003) Pada suatu lingkungan kerja juga dapat dilakukan penilaian beban kerja untuk mengukur kesesuain dan kenyamanan pekerja. Istilah kelelahan mengarah pada kondisi melemahnya tenaga kerja untuk melakukan suatu kegiatan, sehingga mengakibatkan terjadinya pengurangan kapasitas kerja dan ketahanan tubuh. Melalui penelitian ini akan dipelajari Bagaimana mengidentifikasi tingkat kebisingan bagian produksi, mengidentifikasi tingkat kelelahan pekerja akibat kebisingan bagian produksi penggilingan padi pada CV. Aceh Jaya Perkasa (AJP).Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kebisingan dan mengetahui tingkat kelelahan pada pekerja bagian produksi pengilingan padi pada CV. Aceh Jaya Perkasa (AJP). Pengumpulan data kebisingan dilakukan selama proses produksi penggilingan padi, pagi, siang, dan sore hari dengan cara survei lapangan menggunakan aplikasi sound level meter pada android.Terdapat 17 titik pengukuran di areal produksi penggilingan padi. Hasil penelitian menunjukan untuk nilai tingkat kebisingan bagian produksi pada penggilingan padi CV. Aceh Jaya Perkasa (AJP) yang terletak di Lubuk Punti, Aceh Tamiang, provinsi Aceh, yang diukur pada jam 09:00-17:00 WIB selama kegiatan produksi adalah 87,51-92,56 dB(A), dan terdapat gangguan secara fisiologis akibat pengaruh kebisingan berupa tingkat kelelahan, tingkat kelelahan nilai %CVL pada pekerja selama dilaksanakan kegiatan produksi di klasifikasikan diperlukan perbaikan dengan nilai antara 39,0447,17.

Kata kunci : Kata kunci : Pengaruh kebisingan, KelelahanScvUBUK PUNTIUBUK
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DANANG YUDISTIRA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2019)
Pembimbing : -
Tanggal disimpan : 11-03-2020 10:22
Terakhir diubah : 11-03-2020 10:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=561