PENGARUH FORTIFIKASI TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya) YANG TERFERMENTASI TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER (Gallus domesticus)

Riki Andrianus Sihotang (2019), PENGARUH FORTIFIKASI TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya) YANG TERFERMENTASI TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER (Gallus domesticus) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ayam broiler merupakan jenis ayam yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Naiknya kebutuhan akan daging ayam broiler tidak diimbangi dengan produksi yang meninggkat pula. Penurunan ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya pakan yang kurang berkualitas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya menggunakan fortifikasi pakan yaitu dengan penambahan tepung daun pepaya yang difermentasi kedalam ransum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemberian fortifikasi ransum tepung daun pepaya yang difermentasi dan dosis pakan yang tepat. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan dimulai dari bulan Februari hingga Maret 2019, pemeliharaan ayam dilakukan di Desa Sidodadi, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan 25 ekor ayam broiler yang dipelihara selama 35 hari dan diberi perlakuan fortifikasi tepung daun pepaya dengan konsentrasi yang berbeda yaitu 5%, 10%, 15% dan 20%. Pertumbuhan bobot ayam broiler yang terbaik terdapat pada perlakuan 5 dengan penambahan 20% tepung daun pepaya yang menghasilkan pertumbuhan bobot ayam sebesar 1700 gram. Hasil dari konsumsi pakan ayam broiler yaitu sebesar 2000 gr/ekor. Hasil studi terhadap laju kematian ayam yang diberi pakan fortifikasi tepung daun pepaya yang difermentasi menunjukkan hasil yang baik, tidak terdapatnya ayam yang mati selama penelitian. Hasil uji organoleptik daging ayam meliputi warna, tekstur dan aroma tidak memperlihatkan hasil setiap perlakuan dengan hasil tekstur padat, warna agak kemerahan pada bagian daging dan agak kekuningan pada bagian kulit serta memperlihatkan aroma amis yang tidak terlalu menyengat.

Kata kunci : Kata kunci : Ayam broiler, Fortifikasi, Ransum, Pakan, Tepung daun pepaya

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riki Andrianus Sihotang
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2019)
Tanggal disimpan : 11-03-2020 09:40
Terakhir diubah : 10-03-2020 22:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=552
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!