PENGARUH DANA ALOKASI GAMPONG TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN DARUL FALAH KABUPATEN ACEH TIMUR (STUDI KASUS PADA GAMPONG CEMPEUDAK)

Farizzahri (2018), PENGARUH DANA ALOKASI GAMPONG TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN DARUL FALAH KABUPATEN ACEH TIMUR (STUDI KASUS PADA GAMPONG CEMPEUDAK) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Alokasi Dana Gampong terhadap pemberdayaan masyarakat Gampong Cempedak Kecamata Darul Falah. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner berupa pendapat mengenai Alokasi Dana Gampong dan pembangunan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh persamaan Y = 1,225 + 0,723X, konstanta sebesar 1,225 merupakan persepsi masyarakat mengenai pembangunan dan pemberdayaan sebelumdipengaruhiolehAlokasi Dana Gampong di Gampong Cempedak. Kemudian nilai koefisien regresi sebesar 0,723X merupakannilaidariAlokasi Dana Gampong  yang memberikan pengaruh positif terhadap pembangunan, jika Alokasi Dana Gampong ditingkatkan satusatuanmakaakanmeningkatkanpembangunan di Gampong Cempedak KecamatanDarul Falah Kabupaten Aceh Timur. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,653 atausebesar 65,3% variable Alokasi Dana Gampong memberikan pengaruh terhadap pembangunan di Gampong Cempeudak  Kemudiansebesar 34,7% di pemberdayaan masyarakat dipengaruhi olehvariabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasiluji t diperoleh t signifikan< α5% (0,000<0,05) Ha diterima, dapat dinyatakan bahwa Alokasi Dana Gampong (ADG) berpengaruh signifikan terhadap pembangunan masyarakat di Gampong Cempedak KecamatanDarul Falah Kabupaten Aceh Timur. Dengandemikianmakahipotesis yang menyatakanAlokasi Dana Gampongberpengaruhpositifterhadappembangunan masyarakat di Gampong Cempedak Kecamatan Darul Falah Kabupaten Aceh Timur, dapat diterima. 

Kata kunci : -
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Farizzahri
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2018)
Pembimbing : (1). Nurlaila Hanum, SE.M.Si (2). Rinaldi Syahputra, SE.M.Si
Tanggal disimpan : 23-01-2019 10:40
Terakhir diubah : 25-01-2019 10:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=54