ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

ITA MARGARETTA BR TARIGAN (2019), ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kesulitan siswa yang sering terjadi adalah mengerjakan soal dalam bentuk
cerita atau uraian. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu
solusi yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan dalam proses
pembelajaran matematika tersebut. Model Problem Based Learning (PBL)
merupakan salah satu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya
permasalahan yang membutuhkan penyelidikan dan penyelesaian yang nyata dari
permasalahan yang nyata.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan
pemecahan masalah siswa pada materi segitiga melalui penerapan model Problem
Based Learning (PBL) dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) di SMP Negeri 1 Langsa
tahun pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Langsa. Populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langsa tahun pelajaran 2018/2019 yang
terdiri dari 10 kelas. Sampel diambil secara acak (simple random sampling) dan
terpilih kelas VII-J sebagai kelas penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa
pada materi segitiga melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL)
dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) kelas VII-J SMP Negeri 1 Langsa. Rata-rata
persentase tahap memahami masalah yaitu 89.85% termasuk kriteria sangat kuat.
Rata-rata persentase tahap merencanakan penyelesaian yaitu 86.24% termasuk
kriteria sangat kuat. Rata-rata persentase tahap melaksanakan rencana penyelesaian
yaitu 64.99% termasuk kriteria kuat. Rata-rata persentase tahap melihat kembali
proses dan hasil yaitu 57.85% termasuk kriteria cukup. Berdasarkan tahapan polya
yaitu siswa berkemampuan tinggi sebagian besar sudah mampu menuliskan pada
tiap-tiap tahapan polya dengan baik dan juga sudah mampu menuliskan penyelesaian
dalam perhitungan sesuai dengan apa yang diminta dari soal, siswa berkemampuan
sedang sebagian besar sudah mampu menuliskan dengan baik tetapi masi sering
terjadi kesalaha dalam penyelesaian perhitungan yang dilakukkan oleh siswa dan
siswa berkemampuan rendah hanya sebagian kecil yang sudah menuliskanya dengan
baik ada juga siswa yang tidak menuliskan apa pun sama sekali dan salah dalam
menuliskan penyelesaian dalam bentuk perhitungan.
Disarankan model Problem Based Learning (PBL) dengan Lembar Kerja
Siswa (LKS) digunakan sebagai salah satu alternatif dalam menyampaikan materi
pembelajaran untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa ataupun untuk
melatih siswa menyelesaiakn permasalahan dengan penyelidikan secara nyata.

Kata kunci : Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning (PBL), Lembar Kerja Siswa (LKS)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ITA MARGARETTA BR TARIGAN
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2019)
Tanggal disimpan : 10-03-2020 11:39
Terakhir diubah : 10-03-2020 11:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=521
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!