ANALISIS PRODUKTIVITAS OLAHAN UBI KAYU UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) (Studi Kasus : UKM Pengolahan Ubi Desa Alue Dua Kec. Langsa Baro, Kota Langsa)

SUPRAWITO (2019), ANALISIS PRODUKTIVITAS OLAHAN UBI KAYU UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) (Studi Kasus : UKM Pengolahan Ubi Desa Alue Dua Kec. Langsa Baro, Kota Langsa) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Getuk Industries merupakan Usaha Kecil Menengah rumahan yang bergerak dalam bidang pengolahan ubi kayu, yang menginginkan terjadinya peningkatan produktivitas di lini produksinya. Pengukuran produktivitas berdasarkan pada output produk Getuk Lindri dan input yang digunakan adalah penggunaan bahan baku, jam kerja mesin pengolahan, tenaga kerja, dan jam kerja karyawan yang tersedia serta energi yang terpakai (bahan bakar). Data yang digunakan adalah data bulan Januari 2018 hingga Desember 2018. Penelitian ini berdasarkan pada hasil dari kuesioner yang dibagikan dalam 3 tahap, dimana target produksi perusahaan tahun 2018 tidak tercapai untuk kategori produk getuk lindri. Nilai target rasio pada UKM produk olahan ubi Gp. Alue Dua, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa yaitu menambahkan nilai target yang didapat untuk setiap rasio, dengan 50% dari nilai rasio tersebut sesuai dengan ketentuan OMAX. Adapun nilai target rasionya adalah sebagai berikut: rasio 1 : 325.05, rasio 2 : 19.5, rasio 3 : 4875, rasio 4 : 1.516, rasio 5 : 1.725, rasio 6 : 12.5. Nilai indeks produktivitas UKM Olahan Ubi Kayu Desa Alue Dua diperoleh melalui penggunaan alat ukur Objectives Matrix (OMAX). Nilai indeks produktivitas tertinggi terjadi pada bulan April dengan nilai 364.83, sedangkan yang memiliki nilai indeks produktivitas terendah terjadi pada bulan Juni dengan nilai 34.8. Periode pengukuran dilakukan selama dua belas bulan yaitu pada bulan Januari sampai Desember 2019. Kriteria produktivitas di ukur dari tingkat efisiensi dan efektivitas dari produk yang di hasilkan, produk yang rusak (cacat), jam kerja yang terpakai, penggunaan tenaga kerja, mesin, dan energi, dengan membandingkan 7 rasio produktivitas.


Kata kunci : KATA KUNCI : Produktivitas, OMAX, Indikator Performansi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SUPRAWITO
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2019)
Tanggal disimpan : 10-03-2020 11:27
Terakhir diubah : 10-03-2020 11:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=517
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!