PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI SEL DI MAN 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SELLA ANGGRAINI (2018), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI SEL DI MAN 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran two stay - two stray merupakan suatu model
pembelajaran kelompok dengan sintak dua siswa bertamu ke kelompok lain dan
dua siswa lainnya tetap di kelompok nya untuk berbagi informasi. Tujuan
penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay - two stray
terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, untuk mengetahui aktivitas belajar
siswa terhadap model pembelajaran two stay - two stray dan untuk mengetahui
hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran two stay - two stray di MAN 2
Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di MAN 2 Langsa.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelasXIMAN 2 Langsa. Sampel
dalam penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimendan kelas XI
MIA2 sebagai kelas kontrol.Metode yang digunakan penelitian berupa metode
eksperimen. Instrumen yang digunakan berupates dan lembar observasi aktivitas
belajar siswa. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan rumus pengujian
hipotesis yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada pengaruh model
pembelajaran two stay – two stray terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
XI pada materi sel di MAN 2 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Dengan hasil
perolehan uji-t aktivitas belajar siswa thitung>ttabel
yaitu 14,02 > 2,01dan hasil
perolehan uji-thasil belajar siswa thitung>ttabelyaitu 2,44 > 2,01, aktivitas siswa
pada kelas yang menggunakan model pembelajarantwo stay - two stray
memperoleh nilai lebih tinggi yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 91,04 dan
aktivitas siswa pada kelas yang menggunakan metode konvensional memperoleh
nilai rata-rata sebesar 54,1, hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan
model pembelajarantwo stay - two stray memperoleh nilai lebih tinggi yaitu
dengan nilai rata-rata posttes sebesar 87,96 dan hasil belajar siswa pada kelas
yang menggunakan metode konvensioanl memperoleh nilai posttes rata-rata
sebesar 81,2.

Kata kunci : Key word : Model Pembelajaran two stay – two stray, aktivitas,hasil belajar,Sel

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SELLA ANGGRAINI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 03-03-2020 10:10
Terakhir diubah : 03-03-2020 10:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=485
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!