PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LUCITA NADIRA SIREGAR (2018), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)
pada materi jamur Pendidikan yang bermutu sangat bergantung pada kapasitas
satuan pendidikan mentransformasikan peserta didik untuk memperoleh nilai
tambah, baik yang terkait dengan aspek pola pikir, rasa, hati, dan raganya. tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh belajar dalam menggunakan model
STAD (Student Team Achievement Division). untuk mengetahui sejauh mana
siswa dapat menanggapai materi yang diajarkan oleh guru dengan menggunakan
model STAD (Student Team Achievement Division). metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen. Quasi eksperimen
merupakan suatu tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
agar menghasilkan suatu produk yang dapat dinikmati masyarakat secara aman
dan dalam pembelajaran melibatkan siswa dengan mengalami dan membuktikan
sendiri proses dan hasil percobaan itu. Ada pengaruh model pembelajaran STAD
(Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada materi
jamur kelas X SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2017/2018 hal ini dapat
dilihat dari nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel. Besarnya pengaruh model
pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar
siswa pada materi jamur kelas X SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran
2017/2018 yaitu sebesar 4,304. setelah diperoleh suatu kesimpulan dari hasil
penelitian, maka penulis memberi beberapa saran disarankan kepada para peneliti
selanjutnya agar dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran agar
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 

Kata kunci : kata kunci: Model Pembelajaran, STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar. SMA Negeri 5 Langsa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : LUCITA NADIRA SIREGAR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 02-03-2020 10:56
Terakhir diubah : 02-03-2020 10:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=482
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!