ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI

ESTAVINA BR SITEPU (2019), ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam pembelajaran fisika guru biasanya menjelaskan dengan metode ceramah tanpa
menjelaskan dan mengkaitkan ke kehidupan sehari-hari dan itu yang membuat siswa
salah konsep dan salah pengertian sehingga menimbulkan miskonsepsi.
Pembelajaran fisika di SMA saat ini banyak mengalami permasalahan karena siswa
sulit untuk memahami pelajaran fisika atau materi yang disampaikan guru. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton di
kelas X IPA SMA Negeri 1 Berastagi. Metode penelitian menggunakan kualitatif
deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan populasi penelitian adalah kelas X IPA
SMA Negeri 1 Berastagi, Sampel diambil secara acak (random sampling) dan
terpilih kelas X IPA 2 sebanyak 30 orang siswa sebagai kelas penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Terjadi miskonsepsi pada materi Hukum Newton di
kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Berastagi. Miskonsepsi pada materi Hukum Newton
dibagi menjadi 3 kriteria yaitu tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan analisis data
rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton kriteria tinggi
sebanyak 89,3 %. Rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada materi Hukum
Newton kriteria sedang sebanyak 50%. Rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada
materi Hukum Newton kriteria rendah sebanyak 28,6 %. Disarankan Untuk peneliti
selanjutnya tidak hanya sebatas meneliti adanya miskonsepsi pada siswa tetapi juga
meneliti penyebab miskonsepsi yang timbul, jenis miskonsepsi, dan juga cara
mengatasi miskonsepsi. Untuk meminimalis miskonsepsi sebaiknya guru merubah
metode, model pembelajaran yang lebih jelas agar siswa lebih memahami dan tidak
salah dalam memahami konsep.

Kata kunci : Kata Kunci : Miskonsepsi, certainty of response index (CRI)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ESTAVINA BR SITEPU
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2019)
Tanggal disimpan : 02-03-2020 10:05
Terakhir diubah : 02-03-2020 10:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=468
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!