PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DESSY RAMADHANA (2019), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Manusia dan pendidikan tidak dapat dipisahkan, sebab pendidikan merupakan kunci dari masa depan manusia yang dibekali dengan akal dan pikiran. Pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup suatu bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana objek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel Penelitian merupakan objek yang dijadikan penelitian. Adapun yang menjadi variabel didalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang ditetapkan sebagai variabel terikat sedangkan model Problem Posing ditetapkan sebagai variabel bebas. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada Pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018. Besarnya penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018 yaitu thitung> ttabel, yaitu 6,49> 1,982 Guru hendaknya berusaha untuk menggunakan variasi model pembelajaran. Sebaiknya dalam Penggunaan model Problem Posing perlu dipertimbangkan penggunaan waktu yang efisien.


Kata kunci : Kata kunci : Model pembelajaran Problem posing, hasil belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DESSY RAMADHANA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2019)
Tanggal disimpan : 02-03-2020 09:40
Terakhir diubah : 02-03-2020 09:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=463
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!